19 March 2020, 19:35 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Panti Jompo Kurangi Kegiatan Bersama


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

Sejak semakin merebaknya virus korona di Tanah Air, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19, antara lain dengan rajin mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, hingga mengurangi kegiatan di luar rumah. Langkah ini juga dilakukan di Panti Jompo Pusaka 41 Yayasan Al-Madiniyah, Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Sekretaris Yayasan Al Madiniah Adam Adnan Hakim mengatakan sejak adanya imbauan dari pemerintah, pihak yayasan telah mengurangi aktivitas di panti jompo tersebut, mengingat lansia adalah kelompok yang paling rentan terjangkit covid-19.

"Dari hari Senin, semenjak ada imbauan, kami mulai mengurangi kegiatan. Kami menghubungi para donatur bahwa sampai tanggal 31 Maret 2020, kami mengurangi kegiatan," kata Adam Adnan Hakim saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (19/3).

Baca juga: Antisipasi Virus Korona, WHO Minta Lansia Jauhi Keramaian

Adam mengungkapkan biasanya para lansia akan berkumpul di gedung Yayasan Al-Madiniah untuk melakukan kegiatan senam, mengaji, hingga menerima bantuan dari donatur. Namun, akibat wabah covid-19, pengurus yayasan mulai mengurangi kegiatan yang biasanya dilakukan.

Selain itu, jika situasi mengharuskan diadakannya kegiatan, pengurus yayasan akan menyediakan hand sanitizer dan pengecekan suhu tubuh. Bagi lansia yang sedang sakit, mereka tidak diperbolehkan ikut hadir.

"Sekarang untuk lansia yang sedikit sakit atau sudah ada gejala-gejala demam, kami tidak menyarankan untuk mengikuti kegiatan. Lansia yang sakit kita anjurkan untuk periksa ke Puskesmas. Di sini kan ada pekerja sosial. Jadi (lansia) akan didampingi ke Puskesmas. Nanti ada tindak lanjutnya dari Puskesmas, baru ke rumah sakit," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT