19 March 2020, 16:56 WIB

Covid-19 Merebak, Pemerintah Antisipasi Kemungkinan Terburuk


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PEMERINTAH telah mempersiapkan berbagai strategi untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi akibat laju penyebaran virus korona (Covid-19) yang semakin meluas.

Salah satu strategi yang akan dilakukan adalah memaksimalkan seluruh pelayanan kesehatan terutama di wilayah yang menderita banyak kasus.

Baca juga: Anies: Semua Skenario Pencegahan Disiapkan Termasuk Lockdown

"Kita akan perbanyak rumah sakit, baik milik pemerintah, BUMN, TNI, Polri dan juga swasta. Sekarang sudah ada tiga rumah sakit swasta yang dapat izin. Nanti akan menyusul dua rumah sakit lagi," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai mengikuti rapat terbatas, Kamis (19/3).

Tidak hanya rumah sakit, Wisma Atlet Kemayoran juga rencananya akan disulap menjadi tempat perawatan pasien terinfeksi korona.

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono telah diinstruksikan untuk menyiapkan fasilitas tersebut sesegera mungkin. "Diharapkan 23 Maret nanti Wisma Atlet sudah siap untuk menampung pasien. Itu memiliki kapasitas sampai 2.000 pasien," tuturnya.

Strategi selanjutnya adalah memastikan ketersediaan barang dan peralatan medis.

Pemerintah akan segera mendatangkan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan seperti seperti rapid test, alat pelindung diri, reagen, ventilator dan juga masker serta hand sanitizer juga cairan disinfektan.

"Semua akan dioptimalkan untuk mengantisipasi apabila perkembangan semakin kurang bagus," papar Doni. (OL-6)

BERITA TERKAIT