19 March 2020, 15:50 WIB

BUMN Didorong Impor Obat Ampuh Covid-19


Abdillah Muhammad Marzuqi | Humaniora

BUMN didorong mengimpor obat-obatan yang telah digunakan oleh negara lain dalam menangani pasien covid-19.

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PKB Marwan Jafar mengatakan, hal itu sebagai upaya pemerintah meningkatkan pencegahan dan penanggulangan virus korona.

"Wejumlah BUMN Farmasi seperti Biofarma, Indofarma dan Kimia Farma segera mengimpor obat yang berdasar referensi terpercaya juga sudah digunakan oleh sejumlah negara dengan tingkat kematian nol bagi pasien positif Covid-19. Misalnya oleh Rusia, Uni Emirat Arab, Peru dan Slovakia. Mereka bisa menahan atau mengatasi wabah Covid-19 secara signifikan dengan obat tersebut," ujarnya, Kamis (19/3).


Ia menambahkan, obat itu dikenal sebagai Umifenovir dengan merek dagang antara lain Arbidol untuk antivirus influenza. Ada juga obat generik lain yang digunakan buat mengatasi Covid-19 seperti Lopinavir, Ritonavir, dan Favipiravir. Dari sumber di Wuhan, tingkat efektivitas Arbidol yang paling tinggi.

"Hemat saya sangat baik bila BUMN sektor farmasi kita dapat segera mengimpor obat tersebut, terutama membantu menenangkan warga masyarakat Indonesia secara psikologis saat ini. Alternatif lain, BUMN farmasi bisa membeli lisensi obat tersebut agar bisa memproduksi di sini. Tapi ini memang butuh waktu," imbuhnya. 

Data mutakhir hingga per 19 Maret 2020 pukul 16.00, Data terbaru, ada 309 kasus positif covid-18, sebanyak 25 orang di antaranya meninggal dunia. (OL-8)

BERITA TERKAIT