19 March 2020, 16:47 WIB

Jubir Covid-19: 210 Kasus di DKI Jakarta, 17 Orang Meninggal


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan pihaknya menyampaikan hingga hari ini, Kamis (19/3), terdapat peningkatan kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 309. 

Total kasus di Jakarta terjadi penambahan sebanyak 52 orang sehingga total kasus akumulasi menjadi 210 orang. Di Ibu Kota Jakarta tercatat tambahan 5 orang meninggal dunia menjadi 17 orang.

"Kemudian untuk jumlah kasus yang meninggal ada penambahan jumlah kasus meninggal di DKI sebanyak 5 sehingga jumlahnya menjadi 17 orang," Yuri dalam keterangannya di Gedung BNPB Jakarta Utara, Kamis (19/3).

Dia menjelaskan, ada penambahan kasus di Jawa Tengah 1 orang tinggal sehingga jumlahnya menjadi 3. Oleh karena itu, dari kasus meninggal di Bali 1, Banten 1, DKI Jakarta menjadi 17, Jawa Barat 1, Jawa Tengah 3, Jawa Timur 1 dan Sumatera Utara 1 orang.

"Maka total kasus kematian adalah 25%. Total kematian 25% ini kurang lebih adalah sekitar 8% dari total yang dirawat," sebutnya.

Menurutnya, angka ini memang masih tinggi namun angka dinamis. Setiap saat jumlah kasus baru akan bisa meningkat dengan cepat.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi kasus yang meninggal artinya persentase ini adalah angka yang posisi pada hari ini angkanya akan dinamis dan setiap saat pasti akan berubah," paparnya.

Baca juga: Korban Meninggal Akibat Covid-19 Bertambah 6 Orang

Yuri memaparkan ada penambahan kasus baru yang terkonfirmasi positif. Penambahan tersebut di antaranya, Banten ada penambahan sebanyak 10 kasus sehingga akumulasi kasus menjadi 27 orang. Kemudian di Yogjakarta ada penambahan kasus sebanyak 2 orang, sehingga akumulasi kasus menjadi 5 orang.

DKI Jakarta ada penambahan kasus sebanyak 52 orang sehingga total kasus akumulasi menjadi 210 orang. Selanjutnya Jawa Barat ada penambahan kasus 2 orang sehingga total kasus menjadi 26 orang. Kemudian Jawa Tengah ada penambahan 4 kasus sehingga menjadi total 12 orang. Sementara Jawa Timur ada penambahan satu kasus sehingga total kasus menjadi 9 orang.

Kalimantan Timur ada penambahan 2 kasus totalnya menjadi 3 orang. Selanjutnya, Kepulauan Riau ada penambahan 2 kasus sehingga total menjadi 3 orang. Kemudian Sumatra Utara ada penambahan kasus 1 sehingga jumlahnya menjadi 2. 

Di Sulawesi Tenggara ada 3 kasus baru sehingga akumulasi jadi 3 orang. Selanjutnya di Sulawesi Selatan ada 2 kasus baru sehingga jumlahnya menjadi 2. Sementara Riau ada penambahan 1 kasus sehingga menjadi 2.

Adapun provinsi yang tidak mengalami penambahan kasus, yakni provinsi Bali dengan 1 kasus, Lampung tidak ada penambahan kasus tetap 1, Sulawesi Utara tidak ada penambahan kasus tetap 1 kasus dan Kalimantan Barat tidak ada penambahan kasus jumlah 2 orang.

"Dari jumlah keseluruhan maka ada kasus yang sudah dua kali diperiksa negatif atau tidak di follow up dan sudah dua kali negatif dan dinyatakan sembuh. Untuk DKI Jakarta bertambah 4 orang yang dinyatakan sembuh sehingga totalnya menjadi 13 kemudian total keseluruhan kasus yang sudah sembuh adalah 15 orang," pungkasnya. (A-2)
 

BERITA TERKAIT