19 March 2020, 17:05 WIB

Besok Malam, Navicula Gelar Konser Live Gratis


Irana Shalindra | Weekend


Navicula, band asal Bali yang terkenal dengan lirik bernuansa lingkungan dan sosial politik, bersiap menggelar konser pada esok Jumat (20/3). Konser yang diberi tagar #Coronaconcert ini gratis, dan yang terpenting, dapat dinikmati publik dari rumah masing-masing.

Yup, konser Navicula akan digelar secara live streaming, disiarkan dari kanal Youtube band yang kerap disebut 'green grunge' tersebut. Konser rencananya dimulai pada pukul 20.00 WIB selama satu jam.

Dalam akun instagramnya, band tersebut menyatakan konser tersebut sebagai dukungan terhadap seruan kepada masyarakat untuk berdiam di rumah guna mencegah meluasnya pandemi covid-19 di Tanah Air.

'Bukan cuma dampak virusnya bagi kesehatan, tapi juga dampaknya pada sosial, politik, budaya, ketahanan, dan ekonomi.

Apalagi kita sebagai musisi, pastilah berdampak besar pada pekerjaan kita, karena selain kita juga harus membatalkan acara yang masih bisa dibatalkan, acaranya sendiri juga yang terpaksa dibatalkan oleh panitia agar tidak jadi ajang tukar-menukar penyakit.

Memang untuk memutus / menahan laju rantai penyebaran wabah ini, kita harus kompak untuk sebisa mungkin diam di rumah.

Kami ingin mendukung gerakan ini, dengan cara yang kami bisa, yaitu konser.

Jadi buat teman-teman yang memilih untuk weekend di rumah, kami menyediakan konser live streaming Navicula yang bisa kalian tonton di tempat tidurmu, sendirian atau bersama orang terdekatmu, terserah...' tulis Navicula dalam unggahan info konsernya di Instagram, Rabu (18/3).

Virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19 pertama kali diketahui 'tiba' di Indonesia per 2 Maret silam. Virus tersebut kini telah menjangkiti lebih dari 220 orang di berbagai kota di Tanah Air. Sementara itu, korban meninggal terdampak virus tersebut mencapai 19 orang per Rabu (18/3), menjadikan case fatality rate atau tingkat kematian pasien corona di Indonesia sebagai tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara.

Pemerintah dan segenap tokoh masyarakat kini menyerukan ajakan untuk berdiam di rumah dan menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar demi mencegah terus meluasnya virus tersebut. Pasalnya, virus tersebut menular melalui percikan cairan (droplet) dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus tersebut bersin, batuk, atau berbicara.

Tetesan itu bisa saja terhirup oleh orang yang dalam posisi berdekatan, atau mendarat di benda atau permukaan yang kemudian disentuh orang lain yang sehat dan kemudian orang itu menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka.

Maka itu, ramai seruan yang mengingatkan masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik --agar dapat mematikan virus. Sementara itu, mereka yang sedang flu, batuk, atau bersin, terlepas dari apa penyebabnya, perlu untuk mengenakan masker, terutama saat di tempat umum. (M-2)

BERITA TERKAIT