19 March 2020, 16:10 WIB

BNPB Minta Masyarakat Bersatu Tanggulangi Covid-19


Mediaindonesia.com | Humaniora

KETUA Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen (TNI) Doni Monardo mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan menghadapi wabah virus corona. 

Menurutnya, tidak ada satu pun negara yang siap menghadapi virus corona yang sekarang sudah menjadi pandemi.

Hal itu disampaikan Doni Monardo seusai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo. Rapat terbatas sesuai arahan pemerintah melakukan social distancing dilakukan dengan menggunakan teleconference.

“Virus corona tidak mengenal suku, ras, agama, pangkat, maupun status sosial. Semua pihak cepat atau lambat akan bisa terpapar. Karena itu saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menghadapi wabah virus corona ini,” ujar Doni, Kamis (19/3).

Pemerintah sesuai arahan Presiden akan terus berupaya untuk menjaga masyarakat yang masih sehat, tetap sehat. Masyarakat yang kurang sehat agar bisa menjadi sehat. Masyarakat yang sakit diupayakan untuk bisa kembali sehat.

Doni menyambut baik inisiatif dari kalangan dunia usaha untuk ikut serta membantu pemerintah menghadapi virus corona. 

Beberapa pengusaha sudah bersedia menggunakan hotel-hotel yang mereka miliki untuk bisa dimanfaatkan menampung mereka yang perlu melakukan isolasi mandiri.

Ia berharap masyarakat untuk juga ikut membantu penyebaran virus corona. Termasuk tokoh-tokoh masyarakat dan pemuka agama untuk menghindari sementara penggumpulan massa.

“Sekarang ini kita perlu melakukan kolaborasi pentahelix. Semua pihak harus mau melakukan kontribusi untuk bisa menghadapi ancaman sekarang ini. Termasuk kalangan pers untuk jangan lagi mempertentangkan tentang langkah kebijakan yang sudah diambil pemerintah. Jangan kita buang-buang energi dengan terus berdebat, mari kita bersama-sama menyelamatkan seluruh masyarakat,” pungkasnya. (OL-8).

BERITA TERKAIT