19 March 2020, 14:23 WIB

IAI Bagikan 1.000 Botol Hand Sanitizer Hasil Produk Sendiri


Lilik Darmawan | Nusantara

IKATAN Apoteker Indonesia (IAI) memproduksi sendiri bahan hand sanitizer  untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat luas. Pada Kamis (19/3) ada 1.000 botol hand sanitzer kepada masyarakat di Kota Purwokerto. Dalam pembagian yang diaksanakan di sekitar Alun alun Purwokerto, pembagian dilaksanakan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Kapolresta Banyumas Komisaris Besar (Kombes) Whisnu Caraka, Ketua IAI Banyumas Khafidz Nasruddin dan para pejabat lainnya. Mereka membagi-bagikan hand sanitizer di jalan sambil mensosialisasikan pencegahan Covid-19.

Ketua IAI Banyumas Khafidz Nasruddin mengatakan pihaknya bersama 705 anggota apoteker di seluruh Banyumas bahu-membahu untuk membantu masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19. 

"Kami bersama pemkab melakukan upaya strategis untuk pencegahan virus korona yang mewabah. Kami mengedukasi masyarakat agar tetap hidup bersih dan sehat," kata Khafidz.

Menurutnya, selain melakukan edukasi, pihaknya juga memproduksi hand sanitizer sendiri dan langsung dibagikan kepada masyarakat luas. 

"Ada 1.000 botol hand sanitizer yang dibagikan saat ini. Hand sanitizer bisa digunakan kalau tidak ada air mengalir dan sabun. Lebih baik jika di rumah menggunakan air mengalir dan sabun. Baru kalau keluar rumah memakai hand sanitizer. Selain itu, di tempat-tempat praktik apoteker, juga disiapkan hand sanitizer. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan guna mencegah virus korona," jelasnya.

Ia mengatakan kalau pihaknya akan terus berpartisipasi aktif dalam rangka mencegah meluasnya virus korona. 
 
"Kami akan berusaha untuk meneruskan partisipasi kami dalam pencegahan korona. Pengurus juga telah mengirimkan surat kepada para apoteker agar ikut aktif dalam melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas," tambahnya.

baca juga: Pemerintah Didesak Sediakan Alat Tes Covid-19

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi yang dilakukan oleh IAI dengan menyalurkan bantuan 1.000 botol hand sanitizer. 

"Yang dibutuhkan sekarang dana edukasi kepada masyarakat luas dan berusaha bersama-sama untuk mencegah penularan virus korona," ujarnya. (OL-3)


LD)
 

BERITA TERKAIT