19 March 2020, 14:20 WIB

Perang Lawan Korona, Tenaga Medis Diberi Insentif


Andhika prasetyo  | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk segera mengalokasikan anggaran sebagai insentif bagi para tenaga medis yang turut berperang melawan covid-19.

"Saya minta kepada Menteri Keuangan untuk pemberian insentif bagi para dokter, perawat, dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanganan covid-19 ini," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Kamis (19/3).

Perhatian lebih memang sudah selayaknya disematkan kepada mereka. Ketika masyarakat diinstruksikan untuk membatasi kegiatan sosial, para tenaga medis malah membahayakan diri bergelut dengan orang-orang yang terduga dan bahkan telah positif terinfeksi korona.

Oleh karena itu, Presiden meminta Gugus Tugas memberikan perlindungan maksimal kepada para dokter dan seluruh tenaga medis.

"Pastikan ketersediaan alat pelindung diri karena mereka berada di garis terdepan sehingga tidak terpapar," lanjutnya.

Terkait mekanisme dan bentuk insentif yang akan diberikan, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia mengungkapkan hal itu berada di bawah kewenangan Kementerian Kesehatan. 

"Kami tentu sangat memerhatikan kondisi seluruh tenaga medis yang bekerja keras. Pemerintah tentu mengapresiasi apa yang mereka lakukan dan Kemenkes sudah memiliki mekanismenya," tutur Angkie.(OL-2)

 

Pra

BERITA TERKAIT