19 March 2020, 14:15 WIB

Pemerintah Pusat Rencanakan Tes Massal Covid-19, DKI Siap-siap


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan untuk menggelar tes massal covid-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut positif hal tersebut.

Sebagai langkah untuk mengantisipasi perintah presiden, Anies menginstruksikan kepada jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta untuk mempersiapkan tata laksananya agar mengikuti apa yang dilakukan pemerintah pusat.

"Kami antisipasi. Jadi, kita menyiapkan jajaran Dinkes, seluruh aparat pemerintah untuk nanti bisa kalau harus melakukan dan kita dapat melakukan dengan tertib dan rapi," kata Anies seusai memberi pengarahan pada jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersama Kapolda Metro Jaya di Kantor Dinas Pendidikan, Jakarta Selatan, Kamis (19/3).

Baca juga: Perlu Uji Genetik untuk Mendeteksi Infeksi Covid-19!

Ia menegaskan semua langkah pencegahan ini harus dilakukan bersama-sama dengan semua unsur.
"Perlu digarisbawahi semua langkah ini perlu kita lakukan bersama antara Pemprov DKI kemudian unsur Polda Kodam bahkan sampai ke bawah Polsek, Babinsa, Babinkantibmas. Semua kerja di lapangan," tandasnya.

Dengan persiapan ini, diharapkan tes massal covid-19 terhadap warga bisa dilakukan dengan cermat dan efisien.

Pada kesempetan tersebut Anies kembali mengingatkan bahwa antisipasi pencegahan harus dilakukan dengan pengurangan interaksi. Meski pemerintah pusat dan daerah sudah bahu-membahu mengupayakan pencegahan, masyarakat juga diharapkan turut berperan dalam menurunkan risiko penularan dengan berdiam di rumah.

"Jadi, dengan cara seperti itu kita bisa mencegah adanya penularan. Nah, ini tidak bisa terjadi kalau hanya pemerintah menganjurkan, tapi masyarakat tetap melakukan interaksi. Karena itu, kita minta kepada seluruh masyarakat, ikuti himbauan ini. Karena virus yang kita hadapi ini tidak terlihat, tapi penularannya sangat pesat dan tidak pilih-pilih," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT