19 March 2020, 13:41 WIB

Puan Minta Publik Ringankan Beban Tenaga Medis Atasi Covid-19


Antara | Humaniora

KETUA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani meminta masyarakat untuk turut meringankan beban paramedis yang dengan aktif melakukan pencegahan wabah Covid-19 sehingga tidak semakin meluas.

Dia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih sekalgus terus mendukung para dokter dan tenaga medis yang bekerja di garis depan dalam penanggulangan wabah Covid-19.

"Saya meminta masyarakat ikut meringankan beban mereka dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan mandiri," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/3). 

Berbagai tindakan pencegahan di antaranya rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan diri, keluarga, dan lingkungan, makan bergizi dan sehat, mengkonsumsi vitamin tambahan, dan rajin berolahraga agar tetap bugar.

Puan pun mengimbau masyarakat bersikap positif dan bahu-membahu demi mengatasi pandemi corona ini. Ia mengatakan, penanggulangan corona memerlukan kerja sama dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, hingga pihak swasta.

Pemerintah bersama TNI dan Polri bersinergi dalam memberikan edukasi, sosialisasi, mitigasi, dan penanganan pasien. Masyarakat pun harus mengikuti praktik pembatasan sosial (social distancing) dan mematuhi protokol penanganan wabah.

"Pihak swasta juga harus mengambil peran dengan mendukung praktik bekerja dari rumah bagi para karyawannya, serta membantu penyediaan fasilitas kesehatan bagi penanggulangan," kata Puan. (Antara/OL-09) 

BERITA TERKAIT