19 March 2020, 13:28 WIB

Peringatan Isra Mi'raj di Mesjid Sabilal Muhtadin Tetap Digelar


Denny Susanto | Nusantara

KEGIATAN keagamaan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1441 hijriyah di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin tetap dilaksanakan, meski  di tengah kekhawatiran merebaknya virus korona belakangan ini. Wakil Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Irhamsyah Safari, Kamis (19/3) mengatakan hingga kini agenda kegiatan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1441 hijriyah tetap sesuai jadwal.

"Rencana kegiatan isra miraj masih sesuai jadwal tidak ada pembatalan karena memang kegiatan ini sudah diagendakan dan setiap malam Jumat ada pengajian Guru Zuhdi," tuturnya.

Kegiatan peringatan Isra Miraj ini dijadwalkan berlangsung Kamis (19/3) malam, Gubernur Kalsel dijadwalkan ikut hadir. Tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini dihadiri puluhan ribu jemaah yang datang dari berbagai wilayah Kota Banjarmasin.

Beberapa waktu lalu Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, KH Darul Quthni menegaskan kendati sudah ada imbauan untuk menunda kegiatan yang mengundang massa dalam jumlah banyak, pihaknya tak akan menunda kegiatan tersebut. Salah satunya, pengajian KH Ahmad Zuhdiannor atau Guru Zuhdi yang biasanya dihadiri ribuan jamaah setiap Kamis malam.

Terkait upaya pencegahan penyebaran virus korona pihak pengelola Mesjid Raya Sabilal Muhtadin telah melakukan kegiatan pembersihan pada area masjid, serta membersihkan seluruh karpet-karpet yang digunakan untuk salat. Pembersihan karpet mesjid ini sebenarnya sudah merupakan kegiatan pembersihan rutin lingkungan mesjid secara berkala. Upaya lain untuk mencegah penyebaran virus korona adalah rencananya pihak pengelola Mesjid Raya Sabilal Muhtadin akan memakai thermal scanner dan hand sanitizer.

baca juga: Salah Satu Peserta Ijtima Dunia Dirawat di RS Haji

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat dimintai keterangan terkait hal ini tidak memberikan komentar. Sebelumnya Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pengurus masjid di Indonesia untuk aktif melakukan tindakan preventif dalam mencegah penyebaran virus Corona. Demikian juga Gubernur Kalsel Sahbirin Noor juga telah menerbitkan surat edaran tertanggal 16 Maret 2020 tentang status darutat siaga virus korona di Kalsel. (OL-3)

BERITA TERKAIT