19 March 2020, 14:25 WIB

Tetap Bugar Walau Bekerja di Rumah


Fetry Wuryasti | Weekend

WABAH korona mengharuskan sebagian kita untuk tinggal di rumah. Nah, selama masa ‘karantina’ itu, penting untuk tidak membiarkan jadwal olahraga Anda terlupakan. Para ahli menyarankan kebutuhan untuk makan makanan yang seimbang dan tetap bugar, tanpa pergi ke gym, tetap diperlukan.

"Yoga, latihan pernapasan, aerobik dapat dilakukan di rumah. Saya akan merekomendasikan banyak latihan pernapasan, terutama untuk wanita tua, hamil , dan mereka yang menderita COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease) atau asma. Lebih baik di rumah dan mempraktikkan semua pencegahan, ” jelas Dr Parmila Sharma, HOD, fisioterapis, Rumah Sakit Paras, Gurugram, seperti dikutip Indianexpress.com, Rabu (18/3).

Menurut Dr Gauri Jariwala, ahli fisioterapi muskuloskeletal, Rumah Sakit Bhatia Mumbai, "efek de-training" hanya terjadi dalam dua minggu setelah tidak berolahraga. Ini mengakibatkan pada penurunan signifikan dalam kebugaran dan otot.

“Latihan harus dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kekuatan. Tingkat kebugaran dan kesehatan yang optimal akan mengarah pada pencegahan infeksi yang disebabkan oleh virus, ”tegas Dr Jariwala.

Seseorang dapat mulai dengan menggabungkan latihan-latihan sederhana seperti pranayama, anulom vilom, latihan penyeimbangan lainnya, jogging di tempat, dan lainnya.

"Orang-orang yang melakukan angkat berat dapat secara alternatif mengangkat barang-barang rumah tangga atau menggunakan berat badan mereka untuk berolahraga,” kata Dr Sharma.

Sementara sebagian besar orang idealnya melakukan push-up atau sit-up. “Bagi orang yang tidak berolahraga dapat mengikuti latihan yoga yang disertai dengan pemanasan yang baik, saran Dr Ismit Tyagi, ahli fisioterapi, Rumah Sakit Columbia Asia, Gurugram. (M-4)

BERITA TERKAIT