19 March 2020, 13:04 WIB

Salah Satu Peserta Ijtima Dunia Dirawat di RS Haji


Lina Herlina | Nusantara

Seorang peserta Ijtima Dunia Zona Asia 2020, asal Nusa Tentagara Timur (NTT) kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Haji, Jalan Dg Ngeppe, Makassar Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah membenarkan hal itu. "Iya ada pasien asal NTT dirujuk ke Rumah Sakit Haji, tapi memang sudah usia lanjut,"
kilahnya usai menggekar Rakor membahas Ijtima Dunia di Gowa, Kamis (19/3).

Pihak Rumah Sakit Haji, juga membenarkan. Kepala Sub Bagian Hukum, Humas dan Pemasaran RS Haji Makassar, Muhsin mengatakan, pasien tersebut masuk dengan gejala demam. "Sementara observasi," jawabnya singkat.

Baca Juga: Ijtima Ulama Dunia di Gowa Dipastikan Batal

Pria paruh baya tersebut, diketahui dirujuk ke Rumah Sakit Haji Makassar, sejak Rabu (18/3). Sehingga Muhsin berkilah, jika dirinya sama sekali belum bisa menyampaikan gambaran lain secara umum penyakit yang diderita peserta Ijtima Dunia itu.

Terpisah, ribuan peserta ijtima lainnya yang kini masih berada di Kompleks Darul Ulum, Kecamatan Bontomarannu, Gowa. Pakkatto, Gowa, Sulawesi Selatan. Mereka sedang menunggu proses pemulangan setelah kegiatan mereka batal digelar, karena sebenarnya tidak mendapat izin.

"Memang tidak ada izin keramaian yang dikeluarkan oleh Polda Sulsel, karena pertimbangan situasi darurat Covid-19, yang bisa saja ditularkan," kata Kapala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo.

Dari daftar panitia kegiatan, peserta yang mengahadiri kegiatan tersebut  mencapai angka 8 ribu orang lebi. Terdiri dari 411 warga negara asing (WNA) dari sembilan negara, dan sisanya WNI dari penjuru nusantara, dan terbanyak dari Kalimantan, sekitar seribu orang. (LN/OL-10)

BERITA TERKAIT