19 March 2020, 12:35 WIB

Seruan Gubernur DKI Bagi yang Ingin Gelar Resepsi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan seruan agar warga menjaga jarak aman dengan tujuan mencegah penularan virus korona atau Corona Virus Disease (Covid-19). Dalam Seruan Nomor 4 tahun 2020, Anies meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan social distancing kurang lebih 1 meter untuk mencegah penularan virus covid-19.

Seruan itu juga berisi langkah-langkah yang bisa dilakukan warga yang tetap ingin menggelar resepsi pernikahan di tengah merebaknya virus Covid-19, yaitu:

- Penyelenggara resepsi wajib menyediakan petugas untuk melakukan pengecekan suhu bagi para tamu..

- Penyelenggara juga wajib menyediakan ruang isolasi untuk berjaga-jaga mana kala ada tamu yang memiliki suhu badan tinggi atau memiliki gejala sakit mirip covid-19.

- Penyelenggara juga wajib menyediakan hand sanitizer di pintu masuk dan ke luar lokasi acara.

- Para tamu serta orang yang hadir tidak diperkenankan berjabat tangan atau melakukan sentuhan lainnya.

Baca juga : Tangani Covid-19, Anies: Perlu Belajar dari Pengalaman Singapura

Anies juga mengimbau agar masyarakat sebisa mungkin menghindari tempat-tempat ramai dan menunda melakukan acara yang menimbulkan keramaian. "Apabila merasakan gejala serupa dengan gejala penyakit covid-19 harap segera menghubungi call center 112 atau 119 serta menghubungi nomor WhatsApp untuk berkonsultasi di 0813 8837 6955," tegasnya.

Saat ini, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di DKI sudah mencapai 976 orang, tapi 640 orang dinyatakan sembuh dan 336 orang masih dipantau. Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 480 orang dengan 190 orang sudah sehat dan 290 orang masih dipantau. (OL-14)

BERITA TERKAIT