19 March 2020, 11:50 WIB

Jokowi: Jangan Manfaatkan Social Distancing untuk Liburan


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta masyarakat bisa benar-benar mengikuti arahan pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial atau social distancing demi mencegah perluasan penyebaran virus korona (Covid-19).

Instruksi bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah jangan malah dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat-tempat wisata.

Baca juga: Seluruh Angkutan Umum Harus Terapkan Social Distancing

"Jangan sampai kebijakan ini dilihat sebagai sebuah kesempatan untuk liburan. Saya lihat satu minggu kemarin, di pantai carita, di puncak, lebih ramai dari biasanya. Itu akan memunculkan sebuah keramaian yang berisiko memperluas penyeberan Covid-19," tegas Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Kamis (19/3).

Seluruh pihak terkait penanganan Covid-19 pun diminta untuk terus menggencarkan sosialisasi, memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga jarak dan mengurangi mobilitas saat ini.

"Karena itu, kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah betul-betuk harus kita sampaikan terus sehingga bisa berjalan efektif di lapangan. Tetapi kita harus tahu juga bahwa yang bekerja di lapangan dan di kantor, harus tetap saling menjaga jarak," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT