19 March 2020, 11:50 WIB

Rossi Diminta tak Segera Pensiun


Akmal Fauzi | Olahraga

Masa depan Valentino Rossi di kelas MotoGP masih menjadi bahan pembicaraan usai posisinya di tim utama Yamaha digantikan Fabio Quartararo untuk MotoGP 2021 nanti. Spekulasi yang beredar, pembalap 41 tahun itu akan membalap bersama tim Petronas Yamaha. Namun, Rossi juga diprediksi bakal pensiun pada akhir musim nanti.

Mantan Manajer Ducati Team dan Sky Racing VR46, Vittoriano Guareschi mengungkapkan bahwa Rossi sebaiknya tak perlu pensiun selama Yamaha masih bersedia memberikan dukungan penuh dengan motor YZR-M1 pabrikan. Orang yang cukup dekat dengan Rossi itu memberi dukungan agar Rossi tidak segera pensiun.

Rossi memang belum serius menunjukkan tanda-tanda ingin pensiun. Ia bahkan bertekad dan rela membela tim satelit Yamaha pada 2021 jika terbukti masih kompetitif tahun ini.

"Vale masih melakukan hal-hal hebat dalam usianya yang sekarang. Saya lihat ia bakal sulit meraih gelar dunia, tapi fakta bahwa ia masih tampil kuat tidaklah terelakkan lagi. Apalagi ia merupakan ikon Yamaha dan faktor fundamental bagi MotoGP,” kata Guareschi.

Baca juga: Valentino Rossi: Aku Tresno Indonesia

The Doctor sendiri mendukung keputusan Yamaha ini. Dia yakin Quartararo bakal menjadi suksesornya. Rossi bakal mendapatkan dukungan teknis penuh berupa M1 spek pabrikan dari Yamaha.

Menurut Guareschi, dengan situasi seperti ini Rossi tak perlu mempertimbangkan untuk pensiun. Ia menilai keputusan Yamaha adalah win-win solution yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Menurutnya, Yamaha mengambil keputusan tepat dengan memberi ruang untuk pebalap muda dan juga tak meninggalkan Vale begitu saja

"Mengapa ia harus berhenti? Vale, apakah kau masih bersenang-senang? Jika ya, maka lanjutkan. Apa yang harus ia buktikan sudah bisa dilihat. Saya sendiri masih mengendarai (Moto Guzzi) V7 karena saya bersenang-senang. Jadi, mengapa ia harus berhenti balapan jika dapat motor pabrikan?,” ujarnya.

Sebelumnya, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta juga memberi dukungan ke Rossi. Dia mengakui peran rider asal Italia itu dalam mengembangkan popularitas MotoGP. Ezpeleta menilai Rossi telah berhasil menghasilkan banyak penggemar untuk MotoGP melalui daya pikat dan performanya saat melaju di lintasan balap.

“Dia akan terus ada dalam kejuaraan ini sampai hari di mana dia akan memutuskan untuk berhenti balapan. Itulah mengapa dia mempunyai tim dan akademi balap," ucapnya. (Mal/GPOne/OL-14)

BERITA TERKAIT