19 March 2020, 10:45 WIB

Terapkan Social Distancing, KCI Tambah Jadwal Pemberangkatan KRL


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) sebagai operator kereta rel listrik (KRL) terus berupaya mengerahkan sumber daya agar Commuter Line tetap dapat mengantisipasi peredaran virus korona sekaligus memberikan layanan bagi masyarakat.

Mulai Rabu (18/3), VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan PT KCI mengajak masyarakat menjaga jarak dengan sesama pengguna sebagai bentuk penerapan jarak sosial di KRL.

"Untuk tujuan itu, PT KCI akan menambah dua pemberangkatan dari Bogor pada jam sibuk pagi hari untuk semakin mengurangi kepadatan pengguna," kata Anne, Kamis (19/3)

Baca juga: Seluruh Angkutan Umum Harus Terapkan Social Distancing

Jadwal tambahan dua pemberangkatan tersebut adalah:

1. Pemberangkatan Bogor tujuan Kampung Bandan pukul 05:32 WIB.

2. Pemberangkatan Bogor tujuan Jakarta Kota pukul 06:02 WIB.

“Ajakan untuk jaga jarak ini adalah untuk kebaikan bersama yaitu meminimalisasi penyebaran virus korona di transportasi publik. Kami berharap masyarakat, khususnya pengguna KRL, dapat bekerja sama dan saling mengingatkan sesama pengguna untuk menjaga jarak. Bila kereta sudah tampak mulai padat, pengguna sebaiknya mempertimbangkan untuk naik kereta selanjutnya,” jelasnya.

Hal itu sejalan dengan imbauan dari pemerintah untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang, termasuk di transportasi publik.

Menjaga jarak di antara pengguna juga lebih dimungkinkan dengan telah berkurangnya pengguna KRL seiring semakin banyaknya institusi dan perusahaan yang menganjurkan karyawan untuk bekerja dari rumah.

Dari data transaksi tiket elektronik KCI, jumlah pengguna KRL pada Senin (16/3) mencapai 733.140, turun 27% dibanding Senin (9/3) yang mencapai 1.009.362.

Sementara pantauan di sejumlah stasiun KRL, Senin (16/3), jumlah pengguna turun sebagai berikut:

1. Bogor (turun 28% dibanding Senin (9/3))

2. Tebet (turun 28%)

3. Tanah Abang (turun 23%)

4. Gondangdia (turun 30%)

5. Sudirman (turun 26%)

Untuk Selasa (17/3), dengan semakin bertambahnya orang yang bekerja dari rumah, jumlah pengguna KRL tercatat 610.207. (OL-1)

BERITA TERKAIT