19 March 2020, 10:38 WIB

Seruan Gubernur DKI: Masyarakat Harus Jaga Jarak Aman


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan seruan agar masyarakat menjaga jarak aman dengan tujuan mencegah penularan virus korona atau Corona Virus Disease (Covid-19).

Dalam Seruan Nomor 4 tahun 2020 itu, Anies meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan social distancing kurang lebih 1 meter untuk mencegah penularan virus korona.

Selain itu, masyarakat juga tidak diperkenankan keluar rumah kecuali untuk urusan yang sangat penting dan tidak dapat dihindari. Masyarakat juga diharapkan menghindari tempat-tempat keramaian.

Baca juga: Gara-Gara Covid-19, Dirlantas Polda Metro Jaya Tiadakan Razia

"Tunda seluruh kegiatan yang terkait pengumpulan massa/warga sekalipun tujuannya baik. Kegiatan semisal pengajian, arisan, agar ditunda terlebih dahulu," ungkapnya.

Lebih lanjut Anies menyebut kegiatan keagamaan yang bisa dilakukan di rumah sebaiknya dilakukan di rumah dan hindari kegiatan yang mengumpulkan keramaian.

Anies juga meminta agar masyarakat menunda mudik atau berlibur.

Bagi keluarga dengan anak-anak yang sedang menerapkan belajar dari rumah karena fasilitas sekolah ditutup harap agar mengawasi anak-anaknya selama masa tersebut dan hindari memberikan izin bepergian keluar rumah.

"Apabila merasakan gejala serupa dengan gejala penyakit Covid-19 harap segera menghubungi call center 112 atau 119 serta menghubungi nomor WhatsApp untuk berkonsultasi di 0813 8837 6955," tegasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT