19 March 2020, 09:50 WIB

Dikritik, Komisioner NBA Bela Keputusan Lakukan Tes Covid-19


Antara | Olahraga

KOMISIONER NBA Adam Silver membela keputusan liga basket tersebut yang bergerak cepat melakukan tes Covid-19 kepada para pemain, ketika mayoritas warga Amerika Serikat (AS) harus menunggu lama untuk dapat melakukan tes serupa.

Wali Kota New York Bill de Blasio mengecam tim-tim NBA yang memiliki akses cepat untuk melakukan tes Covid-19, setelah hasil tes terhadap empat pemain Brooklyn Nets menunjukkan hasil positif.

Sejumlah tim NBA termasuk Nets, Utah Jazz, Boston Celtics, Toronto Raptors, dan Los Angeles Lakers melakukan tes Covid-19 di fasilitas-fasilitas swasta meski alat tes yang ada jumlahnya terbatas.

Baca juga: Kevin Durant Positif Terinfeksi Virus Korona

"Saya tentu saja paham poinnya bahwa sayangnya kami berada dalam posisi untuk melakukan tes mandiri, maka isu fundamental adalah tes-tes yang tidak cukup," kata Silver seperti dikutip AFP.

"Saya hanya akan berkata bahwa perihal NBA, kami telah mengikuti rekomendasi-rekomendasi para petugas kesehatan publik," tambahnya.

Wali Kota New York De Blasio, Rabu (18/3), mencicit bahwa dirinya simpati dengan musibah yang diterima para pemain Nets. Namun, di saat yang sama, ia berpendapat tim NBA belum perlu menjalani tes Covid-19, ketika masih banyak rakyat yang menunggu melakukan tes.

Pejabat-pejabat berwenang di AS sedang kelimpungan karena alat tes Covid-19 tidak cukup. Sedangkan para ahli kesehatan berpendapat kemampuan virus itu menyebar di AS melampaui kemampuan negara untuk mendeteksinya. (OL-1)

BERITA TERKAIT