19 March 2020, 09:29 WIB

Gubernur Sesalkan Upacara Penahbisan Uskup Ruteng Tetap Berjalan


Palce Amalo | Nusantara

PENAHBISAN Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat Pr tetap berjalan, Kamis (19/3), kendati sudah diminta untuk diundur terkait pandemi virus korona.

"Kalaupun tetap dijalankan hari ini, harus terbatas. Menurut saya sebaiknya ditunda sampai batas waktu yang ditentukan pemerintah pusat," kata Gubernur NTT Viktor Laiskodat kepada wartawan di Kupang, Kamis (19/3) pagi.

Sementara itu, rangkaian acara penahbisan sudah berlangsung di Ruteng, ibu kota Manggarai, sejak Kamis (19/3) pagi. Upacara penahbisan itu diperkirakan dihadiri sekitar 2.000 orang.

Baca juga: Ijtima Dunia Batal, Pemulangan Diproses

Acara penahbisan berlangsung di gereja Katedral Ruteng, diawali dengan perarakan imam dan uskup ke altar, dilanjutkan upacara pembukaan, liturgi sabda, dan upacara penahbisan.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan liturgi ekaristi yang ditutup dengan berkat penutup oleh uskup baru. Acara penahbisan berlangsung dari pagi hingga siang.

Sebelumnya, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo berkirim surat kepada Kardinal agar menunda acara penasbihan Uskup baru Ruteng, Mgr Siprianus Hormat demi alasan kemanusiaan. (OL-1)

BERITA TERKAIT