19 March 2020, 08:15 WIB

Bersama Atasi Dampak Korona


Bay/Aiw/Fer/Put/Ifa/X-7 | Humaniora

GERAKAN untuk bekerja sama, bergotong royong, dan bahu-membahu membantu mengatasi penyebaran virus korona baru (covid-19) mulai bermunculan di tengah ­masyarakat.

Gerakan Nutrisi Garda Terdepan, misalnya, berupaya berkontribusi memberikan suplementasi nutrisi bagi tenaga kesehatan di delapan rumah sakit rujukan di DKI Jakarta.  Mereka menggalang dana berupa donasi uang melalui Kitabisa.com/nutrisigardaterdepan sejak Selasa (16/3).

“Petugas kesehatan menjadi garda terdepan melawan penyakit mematikan tersebut. Suplementasi nutrisi sangat penting untuk meningkatkan imunitas tenaga medis. Tingginya beban kerja akibat covid-19 berdampak pula pada menurunnya imunitas,” kata Koordinator Gerakan Nutrisi Garda Terdepan, Henny Zidny Robby Rodhiya, di Jakarta, kemarin.

Mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu kemudian membentuk tim yang terdiri atas berbagai kalangan dalam penggalangan dana.

Gerakan Nutrisi Garda Terdepan, kata dia, juga menerima sumbangan makanan bergizi dan vitamin yang dapat dikirim ke Jalan Kramat Lontar No 56, Senen, Jakarta Pusat.

Hal senada juga dilakukan Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia, Alissa Wahid, bersama Pendiri Gerakan Islam Cinta, Haidar Bagir, melalui gerakan #SalingJaga.

Namun, penggalangan dana itu ditujukan membantu kebutuhan ekonomi masyarakat kecil dan pekerja informal yang rawan terdampak covid-19.

Sementara itu, Ikatan Dokter ­Indonesia (IDI) meminta masyarakat memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan berbasis telekonsultasi (online) dan home­visit care untuk lebih intensif berkonsultasi dan meminta saran dokter. (Bay/Aiw/Fer/Put/Ifa/X-7)

BERITA TERKAIT