19 March 2020, 07:26 WIB

Di Italia, 475 Orang Meninggal Akibat Covid-19 dalam Sehari


Nur Aivanni | Internasional

JUMLAH orang yang meninggal akibat virus korona di Italia telah meningkat 475 orang dalam satu hari menjadi hampir 3.000 orang. Itu merupakan peningkatan terbesar sejak wabah.

Ada total 35.713 kasus yang dikonfirmasi di negara itu, dengan lebih dari 4.000 berhasil dipulihkan, seperti dikutip dari BBC, Kamis (19/3). Lombardy, wilayah yang paling parah dilanda wabah, mencatat 319 kematian dalam satu hari.

Italia adalah negara yang paling parah terkena dampaknya di dunia setelah Tiongkok, tempat virus itu berasal akhir tahun lalu. Setidaknya 8.758 orang telah tewas, sebagian besar di Tiongkok.

Baca juga: Kawasan Sub-Sahara Afrika Laporkan Kematian Pertama Akibat Korona

Banyak negara telah mengambil langkah drastis, termasuk menjaga jarak sosial dan membatalkan acara besar untuk membantu memperlambat penularan dan mengurangi tekanan pada sistem kesehatan.

"Tetapi untuk menekan dan mengendalikan epidemi, negara-negara harus mengisolasi, menguji, merawat dan melacak," kata Dirjen WHO Tedros Ghebreyesus, Rabu (18/3).

Italia telah melakukan lockdown selama hampir dua minggu karena pihak berwenang berusaha menghentikan penyebaran virus. Masyarakat diminta untuk tetap tinggal di dalam ruangan, tetapi jumlah kematian terus meningkat. (OL-1)

BERITA TERKAIT