18 March 2020, 22:58 WIB

Piala Dunia Antarklub 2021 di Tiongkok Diusulkan Ditunda


Antara | Sepak Bola

PRESIDEN FIFA, Gianni Infantino mengatakan bahwa Piala Dunia Antarklub 2021 di Tiongkok seharusnya diundur ke “akhir 2021, 2022 atau 2023” seperti halnya Euro 2020 dan Copa Amerika yang ditunda ke Juni atau Juli 2021 akibat pandemi covid-19.

“Pada Juni atau Juli 2021 untuk Euro 2020 dan Copa Amerika. Sekarang untuk Piala Dunia Antarklub yang baru,” kata Infantino seperti disiarkan Xinhua, Rabu (18/3)

Ia mengaku telah menyerukan konferensi dewan pada Rabu (18/3), yang rencananya menyetujui permintaan penundaan dari penyelenggaraan turnamen di Eropa dan Amerika Selatan, serta membahas kapan harus menjadwal ulang pelaksanaan Piala Dunia Antarklub 2021.

Presiden badan sepak bola dunia itu mengatakan FIFA akan berdiskusi bersama pemerintah dan Asosiasi Sepak Bola Tiongkok, apakah akan menunda Piala Dunia Antarklub ke "akhir 2021, 2022 atau 2023”, dengan tujuan meminimalisasi dampak buruk.

Piala Dunia Antarklub 2021 adalah turnamen baru, yang akan diselenggarakan setiap empat tahun dan diikuti 24 tim, untuk menggantikan even tahunan yang diikuti tujuh tim.

''Ini adalah Piala Dunia pertama yang nyata dan yang sesungguhnya bagi tim dan klub terbaik dunia," kata Infantino pada Oktober 2019 ketika Tiongkok memperoleh hak sebagai tuan rumah edisi pertama.

Panitia Penyelenggara Piala Dunia Antarklub Tiongkok mengatakan kepada Xinhua bahwa mereka akan terus berkomunikasi dengan FIFA guna membahas seluruh masalah tersebut.

Dalam pernyataannya, Infantino juga menyarankan untuk mendonasikan 10 juta dolar AS kepada WHO sebagai dana tanggap solidaritas dan membahas pembentukan dana bantuan sepak bola global guna membantu para anggota dari komunitas sepak bola yang terkena dampak wabah ini.

Infantino juga berharap menemukan solusi tepat terkait perubahan kalender pertandingan internasional sebelum akhir April dan segera mengumumkan perubahan yang diperlukan atau dispensasi sementara bagi regulasi terhadap status transfer pemain guna melindungi kontrak antara pemain dengan klub. (OL-2)

BERITA TERKAIT