18 March 2020, 22:33 WIB

Seusai Liputan, Jurnalis Metro TV Eva Wondo Disemprot Disinfektan


Ade Alawi | Humaniora

SEUSAI menjalani tugas peliputan, tim Metro TV harus disemprot cairan disinfektan oleh petugas keamanan setiba di Kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta Barat.

Seperti yang dialami jurnalis Eva Wondo, Rabu (18/3), yang seluruh tas dan tubuhnya harus disemprot cairan disinfektan.

Begitu pula juru kamera beserta perlengkapan kamera maupun tripod juga disemprot.

"Iya, tadi aku disemprot sebelum masuk kantor. Ini langkah yang sangat bagus untuk mencegah penularan covid-19," kata Eva.

Baca juga: Belajar Komunikasi Massa dari Kover Media Indonesia

Eva mengaku baru selesai liputan perkembangan kesehatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat.

Baca juga: AJI Ingatkan Jurnalis: Tak ada Berita Seharga Nyawa

Seiring dengan meningkatnya eskalasi penyebaran virus korona, Media Group membuat protokol pencegahan covid-19. Semua karyawan dan tamu yang masuk harus melewati pemeriksaan suhu di pintu masuk. Bagi yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius tidak akan diperkenankan masuk.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Media Cafe Terapkan Social Distancing

Media Group juga mengatur social distancing (jaga jarak sosial), sebagaimana edaran dikeluarkan VP Corporate Communication Media Group Fifi Aleyda Yahya tertanggal 17 Maret 2020.

VP Corporate Communication Media Group Fifi Aleyda Yahya. (MI/Susanto)

Edaran tersebut di antaranya mengatur salaman dan rapat. Bersalaman bisa diganti dengan pola greetings alternatif. Salam namaste misalnya. Kemudian, jika rapat harus dilakukan secara tatap muka, dibatasi agar tidak lebih dari 10 orang dengan menjaga jarak 1,5 meter.

Di samping itu, tempat duduk di Media Cafe diatur dari semula 1 meja bisa untuk 4 orang saling berhadapan menjadi satu meja untuk satu orang. (X-15)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT