18 March 2020, 22:04 WIB

Dicurigai Terkena Korona, 10 WNI Dirawat RS Gandhi, India 


Antara | Internasional

SEPULUH warga negara Indonesia  (WNI) serta tiga warga negara India dirawat di Rumah Sakit Gandhi di New Delhi, India, setelah salah satu WNI dicurgai terkena virus korona.

''Kami telah menerima informasi awal tentang mereka,'' kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, kemarin.

Kedutaan Besar Indonesia di New Delhi masih berusaha untuk mengkonfirmasi status mereka dengan pihak berwenang India.

''Semoga status mereka segera diklarifikasi,'' ujar Faizasyah,

Dia menjelaskan, WNI itu termasuk dalam kelompok jemah tabligh, nanti setelah dirawat kedutaan besar Indonesia di India maminta mereka membatasi kegiatannya.

Menurut New Indian Express, WNI itu tiba di Karimnagar, Negara Bagian Telangana pada 14 Maret dari ibu kota India New Delhi. Mereka berdiam di masjid setempat, kemudian polisi bertemu sepuluh WNI itu pada 15 Maret  lalu membawa mereka ke Rumah Sakit Gandhi dan dirawat sejak 16 Maret.

Sementara itu, Kedutaan Besar Indonesia di Manila, Filipina telah meminta WNI yang berada di Pulau Luzon untik tetap tenang dalam menanggapi keputusan pemerintah setempat yang memperpanjang karantina masyarakat yang ditingkatkan (ECQ). 

Pemerintah Filipina telah menjamin ketersediaan stok makanan pokok, sehingga semua WNI yang berada di daerah terdampak tidak perli panik. ECQ dan kebijakan jarak sosial diterapkan secara ketat di Luzon, pulau terbesar dan terpadat di Filipina sjak 17 Maret hingga 13 April 2020. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT