18 March 2020, 21:40 WIB

Pemerintah Gandeng Seluruh Kekuatan Tanggulangi Covid-19


Andhika Prasetyo | Humaniora

PEMERINTAH pada Rabu (18/3), telah bertemu Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia untuk membahas upaya penanganan covid-19 secara masif.

Dari hasil pertemuan tersebut, pemerintah memutuskan untuk memberi peran yang lebih besar kepada swasta mengingat jumlah kasus positif virus korona terus bertambah setiap harinya..

Juru bicara pemerintah terkait penanganan korona Achmad Yurianto mengungkapkan sudah ada tiga rumah sakit swasta yakni Siloam Kelapa Dua, Mitra Keluarga Jati Asih dan Hermina Karawang yang akan mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidur untuk menangani pasien covid-19.

"Ketiga rumah sakit itu nanti hanya akan merawat kasus covud-19. Sementara, pasien-pasien yang sudah ada di sana nanti akan dipindah ke rumah sakit lain," tutur Yuri.

Tidak hanya merawat pasien, swasta juga akan mulai mengerahkan jejaring laboratorium untuk pemeriksaan spesimen covid-19. Tiga laboratorium yang telah dinyatakan siap adalah Siloam, Kalbe dan Bunda Grup. "Ini yang menggembirakan untuk kita. Diharapkan, dengan cara ini, deteksi dini penemuan kasus dapat dilaksanakan dengan maksimal," pungkasnya. (OL-8) 

BERITA TERKAIT