19 March 2020, 04:00 WIB

Mesin Partai NasDem sudah Bergerak


MI | Nusantara

NASDEM menjanjikan kiprah baik dalam pilkada yang akan bergulir di 11 daerah di Jawa Tengah. “Mesin partai mulai dihangatkan. Kami sudah siap bergerak,” janji Ketua Partai NasDem Jawa Tengah, Setyo Maharso, di Semarang, kemarin.

Dari 11 daerah, NasDem su­dah mengeluarkan rekomendasi calon yang diusung di Demak dan Kebumen. Di Demak, NasDem mengusung Mugiyono, mantan anggota DPRD Jawa Tengah sebagai calon bupati, dan di Kebumen Arif Sugiyanto, petahana wakil bupati.

“Dari 11 daerah yang menggelar pilkada, NasDem menargetkan empat daerah tidak boleh lepas, yakni Blora, Rembang, Wonosobo, dan Pekalo­ngan. Di empat daerah itu, kami mendukung petahana,” sambung Setyo.

Untuk memenangkan jagoannya, NasDem Jawa Tengah juga terus berkomunikasi dengan partai politik lain. “Koalisi harus kami lakukan,” tambahnya.

Sementara itu, penyelenggaraan Musda Partai Golkar Bangka Belitung diwarnai kericuhan. Perselisihan terjadi antara pendukung calon ketua. Dua calon ialah Bambang Patijaya dan Hendro Apolo. Kericuhan itu membuat musda terpaksa ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sekretaris Partai Golkar Kota Pangkalpinang Marchrizal menyatakan kericuhan terjadi setelah pencabutan dukungan terhadap Hendra Apolo dilakukan empat daerah. “Kami mendukung Bambang Patijaya sehingga dukungan untuk Hendra dicabut.”

Pencabutan dukungan juga dilakukan pengurus dari Bangka Selatan, Belitung Timur, dan Bangka. Namun, panitia pemilihan menyatakan pencabutan tidak sah, dan dukungan mereka tetap untuk Hendra. Protes berkembang jadi kericuhan. Musda pun ditutup dan agenda pemilihan ketua ditunda. (AS/RF/N-2)

BERITA TERKAIT