18 March 2020, 19:15 WIB

Lantaran Korona, Sarang Kelelawar di Wonogiri Diobrak Abrik


Widjajadi | Humaniora

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Jawa Tengah, kerahkan relawan untuk mengusir ratusan kelelawar yang bersarang di atas plafon gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Sidoharjo. Hal ini sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus penyakit yang tidak diinginkan.

"Sepanjang hari ( Rabu,18/3) ini, kami kerahkan relawan untuk mengusir kelelawar yang selama ini bersarang di atas plafon gedung SDN 2 Sidoharjo. Ini memang permintaan pihak sekolah, yang khawatir di tengah situasi wabah korona, hewan ini bisa menjadi sarana penyebaran virus yang tidak diinginkan dan memancing kepanikan siswa," kata Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri,Bambang Haryanto kepada Media Indonesia, Rabu (18/3).

Dari pelaksanaan pembersihan sarang kelelawsar, ternyata hewan malam itu bergerombol di atas plafon tiga ruang kelas dan satu ruang Kepala Sekolah . Semua berhasil dibersihkan, ada yang langsung terbang.Tidak ada yang dibunuh, khawatir bakterinya nanti menempel di lingkungan sekolah yang berujung kekhawstiran pihak sekolah.

Sejak virus korona atau covid 19 merebak di sejumlah kota di tanah air, jelasnya, para guru dan siswa khawstir kelelawar yang bersarang di atas plafon ini bisa menjadi penyebaran virus tersebut.

Tim BPBD Wonogiri dibantu Relawan Destana Mojoreno selama beberapa jam melakukan pembersihan dengan membuka atap genting, lalu memasang penerangan dan memasang beberapa kaca pemantul, agar setelah dibersihkan, kelelawar tidak lagi bersarang di sana. (OL-13)

Baca Juga: Ini Petunjuk Teknis Memakamkan Pasien Positif Covid-19
Baca Juga: Sumbar Luncurkan Website Pantau Korona
 

BERITA TERKAIT