18 March 2020, 16:10 WIB

Harga dan Stok Beras Aman di Pasar Cipinang Aman Hingga Lebaran


Sri Utami | Megapolitan

KABARESKRIM Komjen Listyo Sigit Prabowo bersama Kepala Satgas Pangan Polri Brigjen Daniel Tahi Monang Silitonga memantau ketersediaan dan harga bahan pokok yang ada di Pasar Induk Cipinang dan Food Station Tjipinang, Jakarta, Rabu (18/3).


Wakil Ketua Umum Perpadi (Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras), Billy Haryanto yang turut mendampingi Kabareskrim mengatakan, persediaan beras selama bulan Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah/2020 dipastikan aman.

“Untuk beras dijamin aman, karena panen raya sudah mulai dan puncak panen di Idulfitri,” kata Billy di Pasar Induk Cipinang, Jakarta.

Menurut dia, pemerintah tidak perlu khawatir dengan ketersediaan beras saat ini. Akan tetapi, ia mengatakan yang harus dipikirkan bagaimana supaya harga gabah itu tidak merosot.

“Yang dipikirkan sekarang jangan harga beras kita, tapi pikirkan harga gabah biar jangan anjlok,” ujarnya.

Sementara Listyo Sigit  mengatakan, setelah melakukan peninjauan dapat dipastikan ketersediaan stok beras cukup sampai Lebaran Idulfitri 2020. Menurut dia, stok beras bakal terus bertambah meskipun di gudang masih memadai.

"Beberapa hari banyak sekali beredar hoak yang menyampaikan ada beberapa pasar pertokoaan toko di DKI tutup. Tapi setelah kami pastikan semua menyatakan sampai hari ini buka seperti biasa. Masyarakat tidak perlu takut atau panik,” ucapnya.


Sementara itu Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi menuturkan stok beras yang ada di cipinang berada di atas batas aman yakni 30 ribu ton. 

"Sekali lagi ini di atas batas aman. Tidak perlu panic buying dan kami pastikan harga dan pasokan stabil," tegasnya. 

Para pedagang sambungnya telah telah sepakat membuka bahkan saat ini produksi lebih banyak ditambah akan memasuki musim panen. (Ant/OL-8).

 

 

 

BERITA TERKAIT