18 March 2020, 16:13 WIB

Hadapi Covid-19, BNPB Minta Jangan Sibuk Berdebat Teori


Selamat Saragih | Humaniora

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, mengingatkan aparat di level bawah yaitu para pengurus RT/RW harus dilibatkan dalam memberikan pemahaman terkait upaya mencegah penyebaran virus korona (covid-19).

"Kita tidak boleh kehilangan waktu atau berdebat teori untuk menyelesaikan wabah ini. Harus tetap fokus bagaimana warga kita paham soal ancaman dan berperanan untuk menyelesaikannya secara bersama-sama," kata Doni yang merangkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 dalam teleconference dari Graha BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

Baca juga: Peneliti LIPI Ungkap Manfaat Jahe Merah Hadapi Covid-19

Doni meminta dalam struktur pemerintahan terendah, semisal lurah bisa melibatkan RT/RW untuk mengoptimalkan semua potensi untuk mencegah penularan covid-19.

"Lurah sebagai struktur pemerintahan terendah bisa menunjukkan kualitas kepemimpinan dengan menjalankan kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Jalankan dalam rel yang sama dan tidak ada yang berada di luar rel," ujar Doni.

Baca juga: Pelaksanaan UN yang Ditunda di 6 Provinsi Tunggu Situasi Kondusif

Dalam teleconference itu hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Anies, pencegahan penularan covid-19 ini tidak bisa hanya dilakukan pemerintah sendiri. Warga juga perlu memahami bagaimana cara pencegahan penularannya.

"Yang perlu digarisbawahi menjaga jarak, pastikan kita hidup bersih, cuci tangan teratur dan sudah ada imbauan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah," lanjutnya.

Baca juga: DPR Cemas Stok Alat Pelindung Diri Tenaga Medis Menipis

Cara-cara ini, menurut Anies, jika dikerjakan masif maka setiap individu punya peran menghentikan penyebaran covid-19. DKI Jakarta pun tambahnya terus melakukan kampanye dari tingkat RT-RT, perkantoran, rumah ibadah, dan tempat umum (publik).

"Harapan kita agar penularan covid-19 tidak meningkat dan terkendali serta bisa diturunkan," kata Anies.

Anies menyebutkan, langkah yang dilakukan Pemprov DKI juga sudah sejalan dengan strategi pencegahan dan penanganan covid-19 yang dipimpin BNPB.

"Kita koordinasi dan jalankan ini dengan sebaik-baiknya," harap Anies. (X-15)
 

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT