18 March 2020, 12:00 WIB

Biden Kalahkan Sanders dalam Pemilihan di Florida dan Illinois


Nur Aivanni | Internasional

CALON presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, telah mengalahkan saingannya, Bernie Sanders, dalam pemilihan pendahuluan di Florida dan Illinois.

Dikutip dari BBC, Rabu (18/3), mempercepat momentum Biden dalam nominasi Demokrat, mantan wakil presiden AS itu memimpin Sanders di kedua negara bagian dengan margin yang lebar.

Baca juga: Malaysia Batalkan Sementara Larangan Pulang Antarnegeri

Arizona juga memberikan suara pada Selasa (17/3). Ohio juga akan mengadakan pemilihan pendahuluan pada Selasa, tetapi membatalkan pemungutan suara karena wabah virus korona.

Biden merupakan favorit untuk menjadi kandidat dari Demokrat yang akan menghadapi Presiden AS Donald Trump pada November mendatang.

Menurut jajak pendapat pemilih Florida, sebagian besar mengatakan keterpilihan adalah prioritas bagi mereka.

Sekitar tiga dari empat mengatakan Biden akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mengalahkan Trump, dari Partai Republik. Hanya satu dari lima yang mengatakan hal yang sama tentang Sanders.

Para pemilih yang lebih tua cenderung mengatakan bahwa mereka mendukung Biden. Hampir setengah dari pemilih Florida mengatakan sikap Sanders terlalu liberal.

Florida adalah hadiah terbesar malam itu, memberi 219 dari 1.991 delegasi yang diperlukan untuk mengamankan nominasi presiden dari Partai Demokrat. (BBC/OL-6)
 

BERITA TERKAIT