18 March 2020, 14:15 WIB

Jangankan 2 Bulan, Sampai Lebaran Stok Pangan Dipastikan Aman


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

DIREKTUR Operasional dan Pelayanan Publik Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog), Tri Wahyudi Saleh, meyakinkan masyarakat bahwa stok pangan akan tetap aman di setiap kota/kabupaten.

"Stok Bulog saat ini cukup di seluruh Indonesia sekitar 1,5 juta ton dan kami akan segera menyerap lagi hasil panen dari petani sekitar bulan akhir Maret dan April datang lagi sekitar 1,2 juta ton, jadi saya yakinkan stok untuk beras sangat aman sehingga masyarakat tidak perlu panik," kata Tri usai lakukan operasi pasar di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (18/3).

Baca juga: Resmi, Mendag Larang Ekspor Masker dan Antiseptik

Ketahanan pangan terutama beras akan tetap terjaga hingga lebaran usai dan berlaku di setiap wilayah. Bulog telah merekap ketahanan pangan hingga Wamena dan Puncak Jaya, Papua.

"Kita tidak hanya dua bulan, sampai puasa dan lebaran pun kami yakinkan aman, apalagi sampai akhir tahun kalau kami bisa menyerap di bulan Maret dan April saya yakinkan bahwa stok Bulog untuk beras aman," tegasnya.

Namun, untuk konsumen gula akan terkena pembatasan pembelian sembako karena pasokan gula masih dalam perjalanan sehingga Bulog maksimalkan setiap konsumen mendapat maksimal 2 Kg gula pasir.

"Saat ini kita sedang menjual gula stok yang ada, kami masih punya stok tapi ga banyak, dalam perjalanan akan siap, InsyaAllah dua minggu lagi," jelas Tri.

"Gula tidak hanya dari Gulaku, dari semua industri udah proses, jadi tidak usah khawatir, kami sudah urus dengan Kemendag, banyak industri yang punya pasokan untuk diolah," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT