18 March 2020, 11:12 WIB

Ngotot Olimpiade Sesuai Jadwal, Sikap IOC tidak Bertanggung Jawab


Akmal Fauzi | Olahraga

Anggota Komisi Atletik Komite Olimpiade Internasional (IOC), Hayley Wickenheiser mengatakan sikap untuk terus menggelar Olimpiade 2020 sesuai jadwal di tengah pandemi virus korona baru (Covid-19) merupakan keputusan tidak peka dan tidak bertanggung jawab.

Hal itu disampaikan menanggapi pernyataan resmi IOC yang bersikeras untuk menggelar Olimpiade Tokyo sesuai jadwal pada 24 Juli hingga 9 Agustus nanti.

Dalam postingan Twitter-nya, Hayley, atlet hoki es wanita Kanada yang meraih empat medali emas Olimpiade itu menyebutkan, tidak ada yang bisa mengetahui apakah Olimpiade akan sesuai jadwal atau dibatalkan.

“Saya pikir IOC bersikeras bahwa ini akan terus berlanjut, dengan keyakinan seperti itu, tidak peka dan tidak bertanggung jawab mengingat ini soal kemanusiaan,” kata Hayley dalam akun Twitter-nya.

Hayley mengatakan, kritik disampaikan dari sudut pandang dirinya sebagai atlet. Dia tidak membayangkan apa yang dirasakan para atlet di tengah kondisi seperti ini.

“Saya hanya bisa membayangkan dan mencoba berempati dengan kecemasan dan kesedihan yang dirasakan para atlet. Ketidakpastian karena tidak tahu di mana akan berlatih karena fasilitas yang ditutup dan kualifikasi dibatalkan,” jelas Hayley.

Sebelumnya, IOC dalam keterangan resminya akan menyelenggarakan Olimpiade sesuai jadwal. Pernyataan itu disampaikan setelah pembicaraan dengan berbagai federasi olahraga dunia serta komite Olimpiade negara anggota pada Selasa (17/3).

Kendati menegaskan tidak perlu ada langkah perubahan drastis terkait jadwal Olimpiade Tokyo, IOC secara bersamaan menyebut akan ada penyesuaian jadwal fase kualifikasi yang sebagian besar terhenti karena terdampak Covid-19. (AFP/Mal)

BERITA TERKAIT