18 March 2020, 09:16 WIB

Pertamina Antisipasi Penyebaran Covid-19 di SPBU


Hilda Julaika | Humaniora

STASIUN Pengisisan Bahan Bakar Umumm (SPBU) menjadi salah satu tempat publik yang rentan terhadap penyebaran Covid-19. Untuk mengantisipasi masifnya penyebaran, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Pertamina menerapkan sejumlah prosedur untuk mengantisipasi penyebaran virus korona baru ini.

“Pertamina melakukan sejumlah cara untuk mengantisipasi penyebaran virus di SPBU. Hal ini dilakukan demi pelayanan BBM tetap berjalan meskipun di sejumlah wilayah sudah dalam kondisi siaga Covid-19,” ujarnya melalui keterangan resminya kepada Media Indonesia, Rabu (18/3).

Lebih lanjut pihaknya memaparkan, upaya-upaya ini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan suhu kepada setiap petugas SPBU yang akan memulai dan mengakhiri shift bertugas. Selain itu, penggunaan masker, handzinitizer, dan jaga jarak dengan konsumen sekitar 1,5 meter pun dilakukan.

Baca juga: Dokter Spesialis Paru Senior Ikut Perangi Covid-19

Selain itu, SPBU menyediakan layanan self service. Dengan menyiapkan petugas yang rutin membersihkan nozzle dengan cairan disinfektan. Tidak hanya itu, seluruh area seperti kantor dan fasilitas berupa toilet dan mushola pun dibersihkan secara rutin dengan disinfektan tersebut.

“Selain itu, konsumen pun kami imbau menggunakan metode pembayaran cashless untuk mengurangi interaksi secara langsung,” imbuhnya.

Ia mengatakan upaya-upaya ini dilakukan agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman saat membeli BBM di SPBU Pertamina. Selain itu, ikut menjaga operator SPBU sebagai garda depan Pertamina yang melayani kebutuhan masyarakat secara langsung.

“Pertamina telah menginstruksikan seluruh SPBU dan agen/pangkalan resmi untuk melakukan langkah-langkah seperti di atas. Apabila ada masyarakat yang merasa ada ketidaksesuai prosedur atau membutuhkan informasi tambahan mengenai layanan Pertamina, maka dapat menghubungi Pertamina Call Center 135,” tutupnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT