18 March 2020, 09:09 WIB

3 Orang PDP Covid-19 Diisolasi di RSMH Palembang


Dwi Apriani | Nusantara

RUMAH Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), mengisolasi tiga pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. 

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Sumsel, Yuwono, mengatakan tiga pasien bersatus dalam pengawasan tersebut yakni perempuan dari Lubuklinggau, 13; laki-laki asal Palembang berusia,30; dan laki-laki warga asal Jakarta, 40 yang berkunjung ke Palembang, dan merupakan pasien rujukan dari RS RK Charitas Palembang.

Baca juga: Pemprov Bali Minta Destinasi Wisata Siapkan Hand Sanitizer

"Ketinganya masuk ke RSMH Palembang pada Senin (16/3), dan menjalani perawatan di ruang isolasi," katanya, Rabu (18/3). 

Yuwono menyebutkan, ketiga pasien tersebut kini dalam kondisi baik dengan mengalami gejala batuk disertai flu.

Menurutnya, penetapan status PDP terhadap ketiganya berdasarkan riwayat perjalanan dari pasien yang bersangkutan. 

"Seperti pasien dari Lubuklinggau itu diketahui baru pulang dari Jakarta karena dia bersekolah disana, begitu juga pasien laki-laki rujukan dari RS RK Charitas itu. Sementara satu orang lagi memiliki riwayat pejalanan dari Malaysia," katanya.

Yuwono menjelaskan, ketiga pasien tersebut sudah diambil sampelnya dan dikirimkan ke Balitbangkes di Jakarta. Setidaknya butuh waktu tiga hari untuk hasil sampel tersebut diketahui hasilnya, apakah yang bersangkutan terjangkit korona atau tidak.

"Jadi pengambilan sampel akan dilakukan dua kali untuk memastikan kondisi pasien, sembari itu ketiganya masih harus menjalani perawatan di ruang isolasi terlebih dahulu sesuai dengan SOP," tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT