18 March 2020, 07:55 WIB

Ilmuwan Teliti Cara Virus Bajak Sel Manusia


Foxnews/Hym/X-11 | Humaniora

ILMUWAN di Westlake University di Hangzhou, Tiongkok, dan University of Texas, AS, telah mengungkap bagaimana virus korona berpaut atau berikat dengan sel-sel pernapasan manusia dan membajaknya. Penemuan itu penting karena memahami cara virus memasuki sel dapat mempercepat upaya untuk mengembangkan perawatan--atau bahkan vaksin untuk membendung pandemi.

Virus itu harus dapat masuk ke sel individu manusia untuk menginfeksi inang manusia. Virus-virus itu menggunakan mesin-mesin sel tersebut untuk menghasilkan salinan dari diri mereka sendiri yang kemudian pecah dan menyebar ke sel-sel baru.

Menurut jurnal Science, para ilmuwan Texas mengidentifikasi kunci molekuler kecil yang memungkinkan virus masuk ke sel. Kunci itu disebut spike protein atau protein lonjakan.

Tim menemukan covid-19 memiliki pola pengikatan yang cukup mirip dengan virus korona penyebab wabah SARS 2003. Namun, perbedaan asam amino yang mengikat virus ke sel reseptor dapat mengarah ke pengembangan obat antivirus yang berpotensi menghentikan virus korona. (Foxnews/Hym/X-11)

BERITA TERKAIT