17 March 2020, 21:30 WIB

Petugas Kesehatan Sangihe Belum Kenakan Baju Pengaman


Antara | Nusantara

KEPALA Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jopy Thungari mengatakan, untuk penanganan pasien COVID-19, petugas kesehatan membutuhkan baju pengamanan.

"Petugas kesehatan di Kepulauan Sangihe sampai saat ini belum memiliki baju khusus untuk melindungi petugas kesehatan bila ada pasien yang terjangkit COVID-19," katanya di Sangihe, Selasa.

Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan daerah kepulauan di perbatasan yang membutuhkan perhatian khusus bila ada pasien COVID-19.

"Kita semua masyarakat di Kabupaten Sangihe semuanya sehat dan tidak terjangkit virus korona sebab sampai saat ini petugas kesehatan belum memiliki baju pelindung. Kalau sampai ada yang terjangkit maka sangat membahayakan petugas medis yang akan menanganinya," kata dia.

Dia berharap pemerintah pusat khususnya Kementerian Kesehatan dapat memperhatikan kebutuhan fasilitas kesehatan termasuk baju pelindung bagi tenaga medis di wilayah kepulauan termasuk Sangihe.

"Kami berharap, kebutuhan para medis di wilayah kepulauan menjadi perhatian, sebab bila ada pasien COVID-19, pasti harus ditangani di Sangihe karena tidak ada transportasi khusus untuk membawa pasien tersebut ke Manado, sebab tidak mungkin menggunakan transportasi umum seperti kapal laut dan pesawat," kata dia. (OL-12)

BERITA TERKAIT