17 March 2020, 20:10 WIB

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jakarta Dibentuk


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

TIM Tanggap Covid-19 DKI Jakarta resmi dibubarkan per Selasa (17/3) hari ini. Menurut Ketua Tim Tanggap COVID-19 DKI Jakarta, Catur Laswanto, timnya akan melebur ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bentukan pemerintah pusat.

"Tim Tanggap yang telah dibentuk Pemprov DKI diselaraskan dan disesuaikan dengan Keputusan Presiden nomor 7 tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Dengan demikian, maka Tim Tanggap melebur ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19," jelas Catur saat konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Selasa (17/3).

Baca juga: Pemilihan Wagub DKI Tetap Dilakukan 23 Maret 2020

Catur menerangkan, bahwa kedua tim yang melebur itu memiliki tugas memerangi penyebaran Covid-19 di Jakarta. Nantinya, sambung dia, secara keanggotaan juga mengalami perubahan.

"Kalau semula di tim tanggap diketuai saya selaku Asisten Kesra Pemprov DKI Jakarta. Saat ini, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta diketuai oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah yaitu Pak Sekda (Saefullah)," jelas Catur.

"Disamping sebagai Sekda, beliau adalah sebagai Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah," tambahnya.

Hal lain yang juga perlu menjadi perhatian, sebut Catur, dalam keanggotaan tim itu ialah awalnya Tim Tanggap DKI lebih banyak atau hampir semuanya jajaran Pemprov.

"Maka keanggotaan gugus tugas ini mengikutsertakan jajaran TNI, Polri, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Sehingga, Polda, TNI, Kejaksaan Tinggi dan pengadilan tinggi ikut tergabung dalam gugus tugas ini. Di dalam gugus tugas ini ada unsur-unsur lebih luas dari masyarakat juga," pungkas Catur. (OL-6)

BERITA TERKAIT