17 March 2020, 19:56 WIB

Wakil Ketua Olimpiade Jepang Terjangkit Covid-19


Akmal fauzi | Olahraga

WAKIL Ketua Olimpiade Jepang, Kozo Tashima mengaku berstatus positif virus korona, Selasa (17/3). Dia menduga tertular virus itu setelah melakukan perjalanan ke Amsterdam, Belanda pada bulan ini.

“Hari ini, hasil tes saya menunjukkan positif untuk virus korona baru. Saya mengalami demam ringan. Pemeriksaan menunjukkan gejala pneumonia, tapi saya baik-baik saja. Saya akan berkonsentrasi pada perawatan mengikuti saran dokter," ujarnya Selasa (17/3).

Tashima mengungkapkan pada 28 Februari ia melakukan perjalanan ke Belfast untuk urusan bisnis, yakni RUPS Dewan Asasi Sepakbola Internasional.

 

Baca juga: Hampir 70% Warga Jepang Setuju Olimpiade 2020 Ditunda

 

Dia kemudian mengunjungi Amsterdam untuk pertemuan UEFA untuk memberikan presentasi tentang tawaran Jepang untuk Piala Dunia 2023 wanita. Pada 3 Maret, ia menghadiri pertemuan umum UEFA.

“Di Amsterdam dan di Eropa pada awal Maret, tingkat kegelisahan terhadap virus korona tidak sama dengan sekarang. Semua orang masih melakukan pelukan, jabat tangan, dan ciuman pipi,” jelasnya.

Selama pertemuan UEFA, Tashima mengatakan dia melihat kepala sepakbola Swiss dan Serbia, yang telah dites positif terkena virus, meskipun dia menambahkan tidak jelas bagaimana dia bisa tertular.

Terinfeksinya Tashima tentu bisa mempengaruhi Olimpiade 2020 yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang yang saat ini masih jadi perdebatan karena virus Covid-19. (OL-8)

BERITA TERKAIT