17 March 2020, 18:43 WIB

Pemerintah Minta WNI di Luar Negeri Segera Pulang


Haufan Hasyim Salengke | Politik dan Hukum

PEMERINTAH dalam hal ini Kementerian Luar Negeri meminta seluruh WNI di mancanegara untuk segera pulang ke Tanah Air. Hal itu mengingat semakin banyak negara yang terjangkit virus korona baru (covid-19) dan mereka melakukan lockdown.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam keterangan resminya, Selasa (17/3), mengatakan pemerintah terus mencermati laporan dari WHO mengenai perkembangan penyebaran covid-19.

"Untuk Warga Negara Indonesia yang saat ini sedang bepergian ke luar negeri, diharapkan untuk segera kembali ke Indonesia sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih jauh lagi," ujar Retno saat menyampaikan poin-poin kebijakan tambahan pemerintah Indonesia terkait perlintasan orang dari dan ke Indonesia.

Disampikan, mengingat semakin banyak negara yang sudah terjangkit covid-19, pemerintah mengimbau dengan sangat agar WNI membatasi bepergian ke luar negeri kecuali untuk kepentingan yang sangat mendesak dan tidak dapat ditunda.

Sejumlah negara saat ini telah memberlakukan kebijakan pembatasan lalu lintas orang. Oleh karena itu, semua WNI diminta untuk terus mencermati informasi di aplikasi safe-travel atau menghubungi hotline perwakilan RI terdekat. (OL-4)

BERITA TERKAIT