17 March 2020, 17:23 WIB

Beginilah Kesan Pertama Dosen Kasih Kuliah Daring


Usman Kansong | Humaniora

KINTOKO Rochadi hari ini memberi kuliah secara daring. Ini pertama kali dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara itu memberi kuliah secara online.

"Awalnya kaku, karena baru pertama kali. Tapi lama kelamaan saya merasa kuliah daring lebih bebas," katanya kepada Media Indonesia.

Banyak Universitas di Indonesia yang memutuskan menyelenggatakan perkuliahan jarak jauh melalui media daring. Perkuliahan jarak jauh ini merupakan bagian dari gerakan belajar di rumah atau social distancing untuk memutus penyebaran virus korona.

Kintoko berada di kampus ketika memberi kuliah 'media promosi kesehatan' kepada sembilan mahasiswa program master. Para mahasiswa ada yang berada di kos, rumah, perpustakaan, bahkan kafe.

Baca juga: UI Terapkan Kuliah Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Korona

Kintoko menggunakan aplikasi program google hangout untuk memberi kuliah daring. Ia menggunakan telepon genggam, sedangkan mahasiswa ada yang menggunakan telepon genggam, ada pula yang memakai laptop.

Untuk kuliah daring pertama ini, Kintoko berceramah dan mahasiswa kemudian bertanya. Proses kuliah berlangsung sekitar 1,5 jam. "Saya perhatikan mahasiswa lebih bebas bertanya ketimbang waktu kuliah tatap muka," katanya.(OL-4)

BERITA TERKAIT