17 March 2020, 16:58 WIB

Nambah Terus, Total Pasien Positif Covid-19 Capai 172 Orang


Andhika Prasetyo | Humaniora

PEMERINTAH mengumumkan ada tambahan 38 pasien positif covid-19 baru pada Selasa (17/3). Dengan tambahan tersebut, total pasien yang terinfeksi korona di Indonesia mencapai 172 orang.

Juru bicara pemerintah terkait penanganan korona Achmad Yurianto mengungkapkan daerah yang menyumbang angka penambahan terbesar adalah DKI Jakarta. Disusul Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau.

"Ini kami maklumi karena pintu gerbang di DKI Jakarta cukup besar. Mobilitas penduduk di sana sangat tinggi sehingga kemungkinan terjadi kontak dari kasus positif cukup besar," ujar Yurianto di Kantor BNPB, Jakarta, hari ini.

Maka dari itu, untuk meminimalkan potensi penyebaran virus, ia meminta komitmen seluruh masyarakat untuk bisa mematuhi arahan pemerintah.

Baca juga: Penanganan Covid-19 di Indonesia Gemesin

"Kita harus patuhi arahan pemerintah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah di rumah. Ini maknanya untuk mengurangi kontak di kerumunan dan di tempat umum karena di situlah kerawanan terjadi," jelas Yuri.

Ia juga menginstruksikan kepada seluruh masyarakat untuk benar-benar menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Menurutnya, itu adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah terjadinya penularan.

"Biasakan cuci tangan dengan sabun. Bagi yang sedang batuk atau pilek, gunakan masker. Cukupi kebutuhan cakupan gizi dan istirahat yang cukup," tuturnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT