17 March 2020, 16:30 WIB

Sumenep Gelontorkan Rp2,5 M untuk Pencegahan Covid-19


Mohammad Ghozi | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, gelontorkan Rp2,5 miliar untuk pencegahan penyebaran virus korona.

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim, mengatakan penganggaran dana tersebut akan segera dikoordinasikan dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) setempat karena mendahului pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

"Ini kondisi darurat sehingga perlu langkah taktis. Kami menganggarkan dan pencegahan Covid-19 sebesar Rp. 2,5 miliar dari PAK meskipun hal ini belum dibahas dan disahkan," kata Busyro Karim, Selasa (17/3).

Busyro mengatakan dana yang disiapkan tersebut menggunakan pos anggaran penanggulangan bencana . Dana tersebut akan digunakan sebagai operasional satgas korona yang sudah dibentuk sebelumnya, biaya sosialisasi dan edukasi, pengadaan peralatan, penanganan awal serta untuk kebutuhan lain yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19.

"Semoga langkah kami dipahami dan selaras dengan pemikiran masyarakat, bahwa apa yang kami lakukan semata demi kebaikan bersama yang penggunaannya akan dilakukan secara transparan dan bertanggung jawab," katanya.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Sumenep, Akis Jasuli, mengatakan pihaknya mendukung langkah taktis tersebut karena anggaran pencegahan sangat dibutuhkan dan dinilai sangat mendesak. Namun ia meminta agar kebijakan itu segera dikoordinasikan dengan pimoinan DPRD.

"Kondisinya memang sangat mendesak, dan kami mendukung langkah Pemkab dengan tetap dikoordinasikan dengan pimpinan dewan," katanya. (OL-2)

BERITA TERKAIT