17 March 2020, 15:36 WIB

RSUD Bengkulu Buka Posko Layan Pemeriksaan dan Konsultasi Korona


Marliansyah | Nusantara

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu, telah membuka posko layanan pemeriksaan dan konsultasi gratis bagi masyarakat terkait virus korona. RSUD M Yunus Bengkulu telah membuka pelayanan pemeriksaan gratis bagi masyarakat dan konsultasi pada Selasa (17/3).

Direktur Utama Rumah Sakit M Yunus Bengkulu Zulki Maulub Ritonga di Bengkulu mengatakan, masyarakat yang ragu akan kesehatan dirinya silakan datang ke posko itu untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan agar yakin bahwa dia dalam kondisi baik atau tidak tertular Covid-19.

"Posko layanan akan dibuka sampai dari pagi sampai sore dan tidak dibuka 24 jam selama penyebaran Covid-19 dinyatakan aman," katanya.

Baca Juga: Pemprov Kepri Bangun Posko Kesehatan di Natuna

Saat ini,  lanjut dia, dibuka dulu dari pagi sampai sore dan jika malam ada IGD dan sebenarnya petugas poskonya adalah petugas dari IGD RSUD.

"Pendirian posko berada di lapangan RSUD yang terbuka juga sebagai upaya mencegah penularan virus korona dari masyarakat yang melakukan pemeriksaan dengan petugas medis yang bertugas," imbuhnya.

RSUD, kata dia, sengaja membuka layanan pemeriksaan dan konsultasi terkait karena virus korona akan cepat mati bila terkena paparan udara panas seperti di lapangan terbuka.

Baca Juga: Partai NasDem DIY Akan Buka Posko Virus Korona di Objek Wisata

Hal ini dilakukan dalam rangka mengisolasi ditempat yang terbuka karena kuman itu akan lebih cepat mati di lapangan terbuka dengan udara panas.

Jika dibuat seperti itu, maka petugas RSUD yang datang maka penularan juga sudah  diisolasi karena harus menerapkan prinsip isolasi dimanapun melakukan pelayanan. (MY/OL-10)

BERITA TERKAIT