17 March 2020, 13:09 WIB

Kicau Warganet Lihat Bapak 'Pulang' Gegara Korona


Abdillah Marzuqi | Weekend

"Karena wabah corona, bapak akhirnya pulang. Work from home," begitu cuitan @iffaafiffah.

Cuitan di media sosial Twitter itu ditujukan untuk merespon kover Media Indonesia edisi tertanggal 16 Maret 2020. Tak hanya @iffaafiffah yang merespon daya kreatif dari tim artistik Media Indonesia, netizen lain juga bersikap sama.

"Berkah corona, sang ayah yang semula 'hilang' kini telah kembali. Wajah tersenyum dengan mulut terbuka dan keringat dingin," cuit akun @AdvDennyPiliang.

Kedua akun tersebut membalas akun @imanlagi yang sebelumnya mencuitkan apresiasi atas kover Media Indonesia. Cuitan itu telah di-retweet sebanyak 11ribu dan 21,1ribu tanda suka.

"Cover Media Indonesia cetak hari ini bagus sekali," cuit @imanlagi dengan diakhiri emotikon senyum.

Ada pula akun receh.id di Instagram yang menunggah kover tersebut. Unggahan itu mengantongi 20,4 ribu suka dan 288 komentar. Salah satunya mengungkapkan kepulangan bapak karena virus corona.

"Akhirnya geragera corona bapaknya pulang," komentar akun lutfilupeng29.

Ada pula komentar yang tidak menganggap kover tersebut lucu.

"gada yg lucu," komentar kellnchavr membalas unggahan receh.id.

Sementara itu, akun @kanashiimajo di Twitter turut mengapresiasi kover Media Indonesia edisi tersebut. 

"Media Indonesia hari ini kreatif banget. Setelah sekian lama ga pulang, bapaknya akhirnya WFH," cuit akun @kanashiimajo dengan tambahan emotikon wajah dengan air mata bahagia.

Membalas @kanashiimajo, akun @brianoos membagi tautan di laman mediaindonesia.com. "Cerita di balik kover Media Indonesia edisi Korona," balas @brianoos.

Laman itu berisi tulisan Briyan B Hendro yang menjadi salah satu sosok di balik kover artistik tersebut. Kover Media Indonesia edisi 16 Maret 2020 mengetengahkan pesan Presiden Jokowi agar masyarakat bekerja, belajar, dan ibadah di rumah guna menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2) penyebab Covid-19 (coronavirus disease).

Untuk membantu menyampaikan pesan pemerintah kepada publik, tim artistik Media Indonesia yang digawangi Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia Hariyanto memilih ilustrasi keluarga yang tengah beraktivitas di meja makan.

Ilustrasi itu memantik respons warganet karena mengingatkan pada gambar kaleng biskuit yang akrab pada generasi 1970-an hingga saat ini. Ibu dan 2 anak menikmati biskuit di meja makan.

Bedanya, kali ini tidak hanya ibu dan dua anaknya yang duduk di meja makan, sang ayah yang dulu keberadaannya kerap dipertanyakan kini hadir juga lewat tangan ilustrator Media Indonesia Seno Aditya. Kover Media Indonesia menyiratkan pesan, orang tua bekerja dari rumah. Begitupun anak belajar di rumah. (M-2)

BERITA TERKAIT