17 March 2020, 12:03 WIB

Tiga WNI Positif Covid-19 di Malaysia


Marcheilla Ariesta | Internasional

KBRI Kuala Lumpur melaporkan ada tiga warga negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus korona (Covid-19) di Malaysia. Laporan itu merujuk pada siaran pers Kementerian Kesehatan Malaysia.

"Merujuk siaran pers Kementerian Kesehatan Malaysia, terdapat tiga warga negara Indonesia yang terjangkit Covid-19 di Malaysia," kata KBRI Kuala Lumpur dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan Senin (16/3).

KBRI Kuala Lumpur kembali mengimbau seluruh WNI agar selalu menjaga kondisi kesehatan dan melakukan tindakan pencegahan. Selain itu, mereka juga meminta agar WNI tidak panik.

"KBRI mengimbau WNI untuk tetap waspada, tidak panik, serta tidak menyebarkan berita-berita palsu, terkait dengan Covid-19," imbuh KBRI Kuala Lumpur.

Baca juga: Pemerintah Mesti Antisipasi Kebijakan Lockdown di Malaysia

Informasi perkembangan Covid-19 untuk WNI yang berada di Malaysia bisa dilihat di portal resmi dan media sosial Kemenkes Malaysia.

Hingga 16 Maret 2020, Kemenkes Malaysia mengonfirmasi ada 553 kasus Covid-19 di Malaysia. Sebanyak 42 kasus dinyatakan sembuh, sementara 511 kasus dalam perawatan intensif.

Sebagian besar kasus terkait dengan kegiatan tabligh akbar di Masjid Jamek Sri Petaling, Kuala Lumpur. Tiga WNI yang terjangkit Covid-19 di Negeri Jiran ini belum diketahui apakah terkait acara tersebut atau tidak.

Semalam, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan pembatasan total aktivitas publik dalam rangka menekan penyebaran virus korona. Pembatasan atau lockdown berskala nasional ini akan mulai diberlakukan pada Rabu (18/3) hingga 31 Maret mendatang.

Beberapa pembatasan ini meliputi penghentian semua acara keagamaan, olahraga dan perkumpulan sosial serta budaya; melarang warga Malaysia untuk bepergian ke luar negeri; dan mengharuskan mereka yang baru datang dari luar negeri untuk mengisolasi diri.

Semua turis dan pendatang dilarang masuk ke Malaysia. Semua sekolah negeri dan swasta, serta universitas di seantero Malaysia juga ditutup. (OL-1)

BERITA TERKAIT