17 March 2020, 10:55 WIB

MRT Pastikan Tetap Jaga Kepadatan Penumpang


Tri Subarkah | Megapolitan

KEBIJAKAN pembatasan pengoperasian MRT telah dicabut. Rangkaian kereta Ratangga kembali beroperasi normal, yakni dari pukul 05.00-24.00 WIB. Namun, untuk menekan penularan Covid-19, sejumlah aturan tetap dilakukan.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia, pihak MRT menyediakan hand sanitizer bagi calon penumpang di Stasiun Lebak Bulus.

Selain itu, setiap calon penumpang harus melewati pengukuran suhu badan yang dilakukan petugas. Pengukuran suhu badan menggunakan thermometer gun dilakukan sebelum calon penumpang melakukan tapping kartu.

Meski situasi di Stasiun Lebak Bulus cenderung landai, pihak MRT tetap berupaya menjaga jarak antarpenumpang. Dari sebuah poster yang ditempel, disebutkan bahwa jarak antarpenumpang minimal satu meter baik di area beranda, peron, maupun di dalam rangkaian kereta Ratangga.

Baca juga: Penumpang Transportasi Umum Diminta Jaga Jarak Saat Antre

Menurut Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin, jumlah penumpang di dalam satu kereta dibatasi menjadi 60 orang. Artinya, di satu rangkaian hanya diperbolehkan memuat 360 orang. Apabila terjadi kepadatan calon penumpang, kata Kamal, akan diberlakukan sistem buka tutup stasiun.

"Tetap ditunggu di luar. Penumpang harus sabar menunggu di luar. Kalau di dalam stasiun sudah padat, kami buka tutup lagi stasiunnya, kaya kemarin," terang Kamal kepada Media Indonesia, Selasa (17/3).

Kamal mengimbau agar penumpang memahami kebijakan tersebut. Pasalnya, risiko penularan Covid-19 lebih besar di dalam stasiun maupun kereta ketimbang di luar stasiun.

"Perlu dipahami, yang risiko terbesar penularan itu kan di dalam stasiun dan di dalam kereta, karena ruang tertutup, sirkulasi kurang dan ada pendingin udara," ujar Kamal.

"Kalau di luar risikonya lebih rendah, karena ada sirkulasi udara bebas, suhu udaranya juga 27 derajat celcius ke atas," tandasnya.

Diketahui, mulai hari ini, MRT kembali mengoperasikan 16 rangkaian keretanya, termasuk menyediakan dua rangkaian kereta cadangan. Jarak antarrangkaian kereta adalah lima menit pada pukul 07.00-09.00 dan 17.00-19.00 WIB. Sedangkan headway 10 menit berlaku untuk pukul 09.00-17.00 dan 19.00-24.00 WIB. (OL-1)

BERITA TERKAIT