17 March 2020, 09:50 WIB

Mensos Terbitkan Surat Edaran Kerja dari Rumah


Ihfa Firdausya | Humaniora

SEBAGAI antisipasi penyebaran Covid-19, Menteri Sosial Juliari P Batubara telah menerbitkan Surat Edaran (SE) No 2 Tahun 2020. Edaran tersebut berisi Panduan Pelaksanaan Bekerja di Kantor dan Bekerja dari Rumah (Work From Home) bagi ASN Kementerian Sosial.

SE No 2 tersebut merupakan bentuk respon Kemensos atas arahan Presiden Joko Widodo tentang langkah-langkah menangani pandemik global Covid-19 yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (15/3).

"Salah satu poin penting dari arahan Presiden adalah agar bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah," kata Mensos dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Selasa (17/3).

Baca juga: Mendikbud Sesalkan Masih Banyak Warga Beraktivitas di Luar Rumah

Di sisi lain, SE No 2 merupakan tindak lanjut atas Surat Edaran Menteri Reformasi Birokrasi dan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 19 tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan instansi pemerintah tanggal 16 Maret 2020.

Dalam SE No 2 itu diatur tentang ASN yang bekerja di kantor, ASN yang bekerja dari rumah (Work From Home), dan bagaimana mekanisme kerjanya untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan efektif dan efisien.

"SE No 2 diterbitkan sebagai implementasi dari Social Distance mencegah dan melindungi ASN dari terjangkit Covid-19 sekaligus memberikan panduan bekerja dan memastikan layanan, tugas, dan fungsi Kemensos tetap berjalan dengan optimal," jelas Juliari.

Senin (16/3), Mensos juga secara simbolik membagikan masker dan hand sanitizer ke semua pegawainya serta kembali memastikan semua ruangan unit-unit kerja di lingkungan kantor Kemensos di pusat maupun UPT di daerah terus meningkatkan kebersihannya.

Selain itu, Mensos juga terus memastikan langkah semua protokol pegawai dan tamu yang berkunjung mengikuti Edaran dan Panduan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kemensos memastikan hadir dan akan memberikan kontribusi konkret kepada upaya-upaya penanganan pandemik global ini secara nyata utk membantu masyarakat sesuai tugas dan fungsi kemensos yang dikoordinasikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT