17 March 2020, 08:55 WIB

Kanada Larang Masuk Warga Asing Kecuali dari AS


Nur Aivanni | Internasional

PERDANA Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan negaranya akan menutup perbatasan bagi siapa pun yang bukan warga negara atau penduduk tetap, kecuali warga negara Amerika Serikat (AS). Langkah baru itu dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus korona di Kanada.

Selain itu, kata Trudeau, operator penerbangan akan diberi mandat resmi untuk mencegah pelancong yang memiliki gejala untuk naik penerbangan ke Kanada.

Hanya empat bandara Kanada, yakni di Montreal, Toronto, Calgary, dan Vancouver, yang akan menerima penerbangan internasional mulai Rabu (18/3). Perdana menteri mengatakan ia telah memberi tahu para mitra G7 tentang peraturan baru itu.

"Ketika virus terus menyebar, kami telah memutuskan mengambil langkah-langkah yang semakin agresif untuk menjaga Anda dan keluarga Anda aman," kata Trudeau, seperti dikutip dari BBC, Selasa (17/3).

Baca juga: WHO Minta Seluruh Negara Perbanyak Tes Covid-19

Kanada memiliki setidaknya 324 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di 10 provinsi pada Senin (16/3) pagi. Ada 17 kasus dugaan tambahan.

Tiga kematian baru yang terkait dengan virus dilaporkan, sehingga total kematian di Kanada menjadi empat, semuanya di Provinsi British Columbia.

Pekan lalu, Kanada meminta warganya menghindari semua perjalanan yang tidak penting dan mendesak para pelancong untuk pulang ke rumah jika memungkinkan. Semua warga Kanada yang kembali diminta mengisolasi diri selama dua minggu.

Trudeau mengatakan akan ada program bantuan yang diterapkan bagi warga Kanada yang tanpa gejala di luar negeri. Program tersebut akan membantu mereka kembali pulang, jika diperlukan, atau membantu mereka dengan kebutuhan dasar saat mereka menunggu untuk pulang.

"Jika Anda di luar negeri, saatnya bagi Anda untuk pulang," kata perdana menteri.

Ia juga mengatakan arus perdagangan tidak akan terpengaruh langkah-langkah pembatasan perbatasan terbaru itu.

Saat ditanya mengapa warga negara AS dikecualikan dari langkah-langkah terbaru tersebut, Trudeau mengatakan Kanada bekerja erat dalam upayanya dengan AS. Perbatasan Kanada-AS sangat terintegrasi dengan perdagangan yang signifikan dan orang-orang menyeberang setiap hari. (OL-1)

BERITA TERKAIT