17 March 2020, 08:26 WIB

PLN Jakarta Terapkan SOP Khusus Hadapi Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) meningkatkan kesiagaan dalam pendistribusian energi listrik ke seluruh masyarakat Jakarta dan sekitarnya di tengah wabah virus korona.

General manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengungkapkan PLN tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada para pelanggan, termasuk objek vital dalam penanganan korona.

Beberapa objek vital yang dipantau dan dijaga keandalan dalam menghadapi wabah korona antara lain RS rujukan, bandara, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, kantor media, dan server provider telekomunikasi.

Baca juga: Transportasi Massal kembali Normal

“Pelanggan rumah tangga juga tidak luput dari pantauan keandalan kami karena banyak pelajar yang belajar di rumah dan karyawan work from home (WFH) sesuai arahan Presiden Republik Indonesia,” ungkap Ikhsan dalam keterangan resminya, Senin (16/3).

Standard Operational Procedure (SOP) khusus selama siaga menghadapi wabah korona ini juga sudah dibuat agar pelayanan kepada pelanggan tetap bisa optimal mengacu pada SOP Kementerian Kesehatan, di antaranya pengecekan suhu tubuh dua kali dalam sehari, saat pagi dan sore hari, penggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan di rumah pelanggan, serta petugas di lapangan menggunakan masker dan tidak melakukan kontak fisik dengan pelanggan.

"Setiap petugas PLN menjaga kebersihan pribadi dan ruang kerja serta menerapkan pola hidup sehat dan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruang kantor, ruang layanan, serta Gardu Induk 20 kilo Volt," ujar Ikhsan.

Sesuai anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing, PLN mengimbau masyarakat menggunakan saluran Contact Center 123 dan PLN Mobile untuk bisa menghubungi PLN tanpa harus datang ke kantor PLN.

“Kami sudah punya banyak saluran Contact Center 123 yang bisa dimanfaatkan yaitu telepon (021) 123, email pln123@pln.co.id, website www.pln.co.id, Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, dan Instagram @pln123_official, Selain itu PLN juga bisa dihubungi melalu PLN Mobile,” tambah Ikhsan.

Seperti arahan Direktur Utama PLN kepada seluruh insan PLN bahwa kualitas layanan tidak akan berubah dan terus ditingkatkan agar masyarakat tetap nyaman meskipun sedang dalam kondisi krisis.

Penyampaian informasi yang jelas mengenai Covid-19 pastinya membutuhkan suplai listrik yang kontinyu agar masyarakat benar-benar paham bagaimana mengantisipasi penyebaran virus ini.

"Petugas PLN tetap siaga 24 jam untuk menjaga keandalan pasokan listrik di Jakarta dan sekitarnya, untuk seluruh pelanggan dan tentunya tempat yang butuh pantauan khusus," tegas Ikhsan. (OL-1)

BERITA TERKAIT